Loading...

Kereta Api saksi bisu pahlawan kerja

Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai sejarahnya, Soekarno

Tugu makam pahlawan kerja

Kalau kita berjalan menuju selatan kota Pekanbaru, sebelum memasuki kampus UIR anda akan melihat suatu peninggalan sejarah masa penjajahan Jepang dulu. Makam Pahlawan Kerja Kusuma Bakti, letaknya tepat di setelah Rumah makan Pondok Patin H.M Yunus. Makam ini sebenarnya sama seperti makam-makam lainnya, cuma ada sesuatu yang membuat makam ini unik dan selalu di datangi oleh orang-orang. Bukan karena ingin melayat, tapi ingin berfoto-foto hingga ada juga yang membuat video klip.
 

Di makam pahlawan kerja ini terdapat sebuah kereta api peninggalan penjajahan jepang dulu. Kini diabadikan di bagian belakang makam. Keberadaan nya kini mulai "ter urus" , sudah di cat ulang dan di bersihkan sekelilingnya. Hingga pengunjung dapat masuk kedalam lokomotif tersebut.






Menurut sejarahnya, kereta api ini pernah sampai ke Pariaman , Sumatera barat. karena pada peta nya, untuk kawasan provinsi Riau sendiri rel kereta api dimulai dari Pekanbaru sampai ke Lubuk ambacang ( Perbatasan Riau - Sumbar bagian selatan).


  

this article dedicated to my beloved city ever, Pekanbaru. 

2 comments:

  1. Ada penampakan gak ya selama foto-foto di sana?

    ReplyDelete
  2. keren sekali informasinya, btw kereta pertama itu yang dari semarang ambarawa bukan ya?

    ReplyDelete

Selalu ada cerita dibalik citra yang tersimpan | ini ceritaku mana komentarmu?

 
TOP